Ayu_Emi

February 4, 2009

Kae San To Mattari Shita

Filed under: Curhat — ayuratna @ 8:34 am

Mattari suru berarti duduk-duduk santai bersama seseorang dalam waktu yang cukup lama atau berjam-jam sambil ngobrol, makan, dan minum. Beberapa hari yang lalu saya mengunjungi home stay teman saya orang Jepang bernama Kae Nakajima di daerah Sanur. Kae san teman baik saya dan sudah 6 bulan kami tidak bertemu. Saat Kae san memberi kabar bahwa dia ada di Bali, langsung saya tak sabar ingin bertemu dia. Saat saya berkunjung ke tempatnya, Kae san langsung memberi Omiyage (oleh-oleh ) beberapa box Ocha (Teh hijau asli Jepang) karena dia tahu saya penggemar teh khususnya teh hijau. Saat bertemu kamipun ngobrol-ngobrol dari siang sampai malem. Banyak sekali yang kami obrolkan…….

Pertama ngobrolin tentang mode pakaian dan ngobrolin tentang aktris dan aktor Jepang. Saat ngobrolin tentang aktris, saya tiba-tiba pengen tahu tentang Maria Ozawa. Saya yakin kalo orang Indonesia khususnya anak muda banyak yang mengenal Maria Ozawa. Dia begitu terkenal sebagai bintang film porno dari Jepang. Saya tanya sama Kae san apakah dia tahu tentang Maria Ozawa karena bintang porno ini sangat terkenal di Indonesia. Dia jawab kalau dia tidak tahu, padahal dia bilang sesekali pernah nonton film porno tapi nama Maria Ozawa begitu asing ditelinganya…Waaaa, ternyata Maria Ozawa itu lebih terkenal di Indonesia daripada di negerinya sendiri.

Bosen ngobrolin aktris, kitapun ganti topik ngobrolin Nihongo (Bahasa Jepang). Kae san ngajarin saya beberapa bahasa gaul di Jepang. Sebelumnya saya pernah buat postingan tentang bahasa gaul di Jepang, tapi kali ini saya ingin menambahkan beberapa bahasa gaul yang diberi tahu oleh Kae san.

Lapar   =   Harahetta (tapi kebanyakan laki-laki yang menggunakannya).

Sakit!   =   Itek! (untuk laki-laki), Itak! (Untuk perempuan).

Bodoh!, Bego!   =   Aho!, Boke!, Kasu!

Mati saja kau!   =   Shinde shimae!

lucu   =   Omoroi

Hus…dasar pengganggu   =   Uzai!

Aku suka banget deh   =   Meccha daisuki

lucu banget   =   Meccha omoroi (untuk menertawakan hal yang sangat lucu).

Cium dong!   =   Chuu shite!

Gak mungkin!, yang beber aja!   =   Arienaittsuu no!, Ariehen! (logat Oosaka).

dasar jelek   =   Saiteena yatsu

Jangan ngomong doang!   =   Yoku iu na!

Jangan putus asa!   =   Akiramenna!

Tunggu dong!   =   Choi machii!

Tak terasa sudah jam 8 malam, dan kamipun berhenti ngobrol-ngobrol. Sebelum pulang, saya dan Kae san makan bakso keju dulu di pasar Shindu -Sanur…kami memang pecinta makanan berbau keju…..


January 23, 2009

Yasashii Onesan o kurete, Arigatou…..

Filed under: Curhat — ayuratna @ 12:44 pm

cece1

Aku merasa senang karena memiliki seorang sahabat blogger sekaligus seorang kakak yang bisa diajak curhat dan tukar pikiran. Cece lina lah biasa aku memanggilnya. Sosok wanita yang lembut, keibuan, dan selalu memperhatikan orang disekitarnya termasuk diriku. Aku suka mengunjungi blog cece lina karena postingannya bagus dan tidak membosankan untuk dibaca. Banyak pengetahuan yang bisa kudapat dari membaca postingannya dan aku suka membaca cerpen yang ia buat.

Cece lina berasal dari kota yang sama dengan asal mamaku yaitu Pontianak, tetapi sekarang ia menetap di Taiwan bersama suami dan anak-anaknya. Selain berkomunikasi melalui blog dan Email, kami juga berkomunikasi melalui HP. Banyak sekali yang kami obrolkan, dari tentang diri kita masing-masing, tentang keluarga, budaya, sampai masalah cinta. Walau aku tidak pernah bertemu dengannya tapi aku sudah merasa dekat dan cece lina sudah kuanggap sebagai kakakku sendiri. dia selalu memperhatikan aku, selalu bersedia meluangkan waktu mendengar keluh kesahku, dia juga memberiku nasihat, saran yang terbaik, dan memberiku semangat.

Sepucuk pesan untuk cece…..

Cece, terima kasih kau selalu memberiku semangat dan  memperhatikan aku. Saat aku sedih kau selalu menghiburku dan menguatkanku. Kau selalu mau mendengar ceritaku dan keluhanku. Semua nasihat dan saran yang kau berikan padaku akan selalu kuingat.. Tetaplah selalu disampingku ya cece……

Kamisama…..

Tuhan…..

Yasashii Onesan o kurete, Arigatou.

Terimakasih telah memberikan seorang kakak yang baik.

Onesan…..

Cece…..

Anata ni aete Yokatta.

Aku bersyukur bisa bertemu denganmu.

Ureshikute shiawase da…..

Aku senang dan bahagia…..

January 20, 2009

Tokidoki watashi no koto omoidashite…

Filed under: Curhat — ayuratna @ 10:33 am

Mou Kimeta!

Sudah kuputuskan!

Mata hitori de aruite.

Aku berjalan sendirian lagi.

Sono sutekina omoide o arigatou.

Terima kasih untuk kenangan indah itu.

Hanaretemo kokoro no naka anata ga iru.

Walaupun berpisah kau masih ada di hatiku.

Anata no koto wasurenai yo.

Aku tak akan melupakanmu.

Dakara, tokidoki watashi no koto omoidashite ne.

Oleh karena itu, ingatlah aku sesekali ya.

Sayounara.

Selamat tinggal.

Anata ga shiawase ni narimasu you ni.

Semoga kau bahagia.

December 22, 2008

Okaasan…Aishiteru yo……

Filed under: Curhat — ayuratna @ 8:00 am

Hora…ashimoto o mite goran.

Lihatlah langkah kaki itu.

Kore ga anata no ayumu michi.

Inilah jalan langkahmu.

Hora…mae o mite goran.

Lihatlah ke depan.

Are ga anata no mirai.

Itulah masa depanmu.

Haha ga kureta takusan no yasashisa.

Banyak kebaikan yang telah ibu berikan.

Ai o idaite ayume to kurikaeshita.

Mengulang kembali langkah dengan mendekap cinta.

Ano toki wa mada osanakute imi nado shiranai.

Waktu itu aku tidak tahu maknanya apapun karena masih kecil.

Sonna watashi no te o nigiri, isshoni ayunde kita.

Ibu menggenggam tanganku seperti itu dan melangkah bersama-sama.

Ini adalah penggalan lyric lagu Jepang berjudul “mirai e (ke masa depan)” yang dinyanyikan oleh KIRORO. Pertama kali aku mendengar lagu ini adalah di tahun 2002 saat aku baru masuk perguruan tinggi. Seorang senpai (senior) di kampus yang memberikan lagu ini dalam bentuk CD. Pertama kali mendengar, aku langsung suka dengan melodynya dan akupun mencoba menerjemahkan lyricnya dan ternyata aku makin suka lagu ini karena lagu ini menceritakan tentang kasih sayang seorang ibu.

Lyric lagu mirai e ini kupersembahkan untuk seluruh mama yang ada di dunia ini, khususnya untuk mamaku tercinta “Sri Mulyati”.

Mama……

Tak henti-hentinya aku mengucapkan terima kasih kepadamu atas segalanya.

Mama……

Kau selalu mengiringi langkah hidupku dari sebuah langkah yang kecil hingga menjadi langkah yang besar.

Mama……

Tanpamu aku tak akan mungkin menjadi aku yang sekarang ini dan tanpamu aku tak punya arti di dunia ini.

Mama……

Aishiteru yo… (Aku mencintaimu….)

***Selamat Hari Ibu***

November 28, 2008

Shiawase ni naritai

Filed under: Curhat — ayuratna @ 10:55 am

Kanashimi no mukou ni hohoemi ga aru.

Ada senyuman di tepi seberang kesedihan.

kurushimi no tsukita basho ni shiawase ga matsu.

Ada kebahagiaan menunggu di tempat habisnya penderitaan.

sore wa sore wa shinjiteru.

Itu dan itulah yang kupercaya.

ima nagareru namida o toki no kaze ni kasanete…

sekarang aku menghapus air mata yang mengalir dengan angin waktu…

owatta kanashimi o shiawase ni kaete…

dan mengganti kesedihan yang telah berakhir dengan kebahagiaan…

kamisama…..

TUHAN….

shiawase ni naritai.

Aku ingin bahagia.

Blog at WordPress.com.