Ayu_Emi

February 20, 2009

Dari kisah putri kaguya sampai gunung fuji

Filed under: Uncategorized — ayuratna @ 11:37 am

kaguya-titlePada jaman dahulu kala hidup sepasang kakek nenek di desa terpencil. Pekerjaan sang kakek adalah sebagai penebang bambu. Pada suatu hari ketika sang kakek akan menebang bambu, ia melihat bambu yang bercahaya seperti emas. Karena penasaran, maka sang kakek memotong bambu tersebut dan ternyata di dalam bambu  itu ditemukan anak perempuan yang kira-kira tingginya 9 cm. Sang kakek kemudian membawa anak perempuan itu pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, kakek memberi tahu nenek dan mereka akhirnya memberi nama anak itu Kaguya. Setelah merawat Kaguya, setiap kakek pergi ke gunung untuk menebang bambu, di dalam bambu tersebut pasti ditemukan emas. Kehidupan merekapun menjadi makmur berkat Kaguya.
Tak terasa putri Kaguya tumbuh menjadi sosok putri yang sangat cantik sampai kecantikannya itu tersebar ke seluruh pelosok negeri. Banyak orang-orang dari kalangan berada sampai pajabat kerajaan ingin mempersunting putri Kaguya, tetapi entah mengapa putri Kaguya menolak lamaran mereka. Putri Kaguya memikirkan cara untuk menolak lamaran mereka dengan menyuruh membawa barang-barang yang mustahil adanya.  Siapa yang berhasil membawa barang-barang yang diinginkan sang putri, maka dia akan menerima lamaran salah satu dari mereka. Barang-barang tersebut diantaranya adalah mangkuk suci sang Buddha, kalung yang terbuat dari bola mata naga, kipas bercahaya dan lain-lain. Para lelaki itu datang dengan membawa barang yang diminta, namun semua barang yang dibawa itu palsu karena barang yang diminta putri Kaguya tersebut mustahil ditemukan di bumi ini.
Malam bulan purnamapun akan segera datang. Sambil memandang bulan, putri Kaguya menangis dalam kesedihan. Kakek dan nenek merasa khawatir kenapa putri kesayangannya merasa sedih. Akhirnya pada tanggal 8 Agustus, putri Kaguya menyampaikan perasaannya kapada kakek dan nenek. Ia mengaku bahwa sebenarnya ia berasal dari bulan dan harus kembali ke bulan saat bulan purnama tiba. Putri Kaguya sedih karena harus meninggalkan kakek dan nenek yang dicintainya. Karena tidak mau kehilangan putri Kaguya, maka kakek dan nenek berusaha mempertahankan putri Kaguya saat sang putri dijemput oleh utusan bulan untuk kembali ke bulan. Namun usahanya itu sia-sia. Akhirnya putri Kaguya pergi menuju bulan.

Sebagai kenang-kenangan dan tanda terima kasih, putri Kaguya memberi Fushi no kusuri (Obat hidup kekal) kepada kakek dan nenek yang selama ini merawatnya. Sayangnya, kakek membakar obat itu karena ia merasa meskipun bisa hidup abadi dengan meminum obat itu, tanpa ada Kaguya di sisi mereka apalah artinya. Kakek membakar obat itu di atas puncak gunung tertinggi di Jepang. Gunung tempat sang kakek membakar obat itu kemudian diberi nama Fushi no yama (gunung abadi), dan gunung itu sekarang dikenal dengan nama Fujiyama. Konon obat yang dibakar di atas gunung membuat Gunung Fuji selalu mengeluarkan asap.

dwp_fujiyama002m

Gunung Fuji adalah gunung keabadian atau orang Jepang menyebutnya Fuji san (san berarti gunung, khusus untuk menyebut gunung Fuji) merupakan gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi. Ketinggian gunung Fuji adalah 3.776 M. Gunung ini adalah simbol bagi negara Jepang selain bunga sakura. Konon, wanita sempat dilarang keras mendaki gunung ini karena Dewi gunung Fuji akan cemburu.

45 Comments »

  1. wow.. legenda yang menarik… kaguya lahir dari pohon bambu… di kita ada juga tetapi dari tabung namanya ‘bayi tabung’😀 kalau besar…

    Kawaii Ayu :
    He he he….bener juga ya sonbe…..

    Comment by tazkiana — February 20, 2009 @ 1:50 pm

  2. Wah…menarik ceritanya…

    dan cece baru tahu nih…thanks ya!

    san = dalam bahasa mandarin juga artinya gunung

    Kawaii Ayu :
    Kanjinya untuk gunung sama dengan tulisan gunung dalam huruf mandarinnya makanya pengucapannya sama

    Comment by kweklina — February 20, 2009 @ 3:51 pm

  3. Aku baru tahu ternyata ada cerita juga ya di balik gunung fuji🙂 Tahunya cuma legenda danau toba sih😛 hehe

    Kawaii Ayu :
    Ceritain dong legenda danau tobanya….

    Comment by kocu — February 20, 2009 @ 5:28 pm

  4. legenda yang seru hmmm aku mau tuh motong bambu disono…

    Kawaii Ayu :
    Ya biar dapat emas……

    Comment by mrpall — February 22, 2009 @ 3:30 am

  5. Jadi di jepang ada putri bambu namanya kaguya, klu di indonesia ada jg anak bambu, namanya rebung……..pernah ga makan sayur rebung? Salam kenal…

    Kawaii Ayu :
    Meskipun agak pait sedikit tapi sayur rebung tuh enak banget, he he….
    mamaku kadang2 memasakkannya untukku

    Comment by Ahmad jazi — February 22, 2009 @ 3:14 pm

  6. wah…makasih yah atas infonya..bagus juga blognya..

    imut

    Kawaii Ayu :
    Semoga bermanfaat, arigatou….

    Comment by YaNoWa — February 22, 2009 @ 4:35 pm

  7. legenda yang inspiring
    Jepang memang memang
    kaya dengan kisah-kisah
    menarik dan mengharukan
    met pagi adinda
    arigatou kawaai ayu🙂

    Kawaii Ayu :
    Apa kabar kakakku yang baik hati…..
    kawaii ayu baik2 aja…sekarang sudah bisa menikmati hidup….

    Comment by mikekono — February 23, 2009 @ 1:22 am

  8. Mmm..cerita yang menarik saya selalu tertari karena banyak memberi ilham dan inspirasi yang bisa memperkaya diri kita. Trims mba. Salam kenal and sukses selalu.

    Kawaii Ayu :
    Terima kasih, semoga bermanfaat

    Comment by Sugiana — February 23, 2009 @ 4:14 am

  9. Wah, menarik banget ya legendanya.

    Kawaii Ayu :
    Saya suka cerita ini

    Comment by Edi Psw — February 24, 2009 @ 7:03 am

  10. Walah.. ni orang….. Japanese Mulu yg di tulis….
    Sekali2 cerita mak lampir dan kalagondang Dunkzzz….!!!!!!!!!!

    Kawaii Ayu :
    Kalo cerita mak lampir dan sejenisnya saya gak tau, lagian saya kurang begitu suka cerita serem…..

    Comment by All Vacation — February 25, 2009 @ 8:58 am

  11. Wah.. Jadi ingat cerita putri kaguya versinya doraemon nih, hehe

    Kawaii Ayu :
    Suka nonton doraemon juga yah……

    Comment by andam — February 26, 2009 @ 12:15 am

  12. Baru tau juga nih kalo ada cerita kaya gini.
    Salam kenal.
    Boleh tukeran link ga? Biar gampang kunjungan lagi laen waktu.
    Lumayan bisa dikit2 blajar bahasa jepang

    Kawaii Ayu :
    Ok! dengan senang hati….

    Comment by neta — February 26, 2009 @ 12:26 am

  13. wah jadi ingat masa kecil, saya udah tau dongeng putri kaguya ini sejak kecil, waktu itu saya punya buku cerita bergambarnya biar teksnya bhs inggris tapi senang karena alm papa saya yg bacain.
    salam kenal…ehm saya panggil apa ya? ayu_onnie ato ayu_ssi?

    Kawaii Ayu :
    Annyong Haseyo – konbanwa
    Salam kenal juga dian ssi….biar lebih akrab panggil ayu ssi aja, he…..

    Comment by dian — February 26, 2009 @ 9:29 am

  14. wahh… ayu besok ke rumah ya, dongengin si Bagus mau kann…?

    Kawaii Ayu :
    Kapan2 ayu maen deh ke rumahnya bli yande di blahbatuh, nanti si bagus saya dongengi cerita rakyat Jepang…..

    Comment by yande — February 27, 2009 @ 5:58 pm

  15. Wah ceritanya keren banget deh Sensei, Karena saya jadi tau asal mula Gunung Fuji yang disebut sebagai Gunung keabadian itu.

    dan Saya setuju sama tindakan Kakek Putri Kaguya yang memilih untuk membuang bubuk keabadian yang di berikan Putri Kaguya, Karena didunia ini emang gak ada yang abadi kan Sensei??????????????????????????????

    Oya kelupaan, Salam Kenal ya Sensei Ayu.

    Kawaii Ayu :
    Di dunia ini tidak ada yang abadi….yang abadi hanyalah Yang Maha Pencipta…..salam kenal juga….

    Comment by ChubbyGirls — February 28, 2009 @ 3:15 am

  16. Baru kali ini aku membacanya… sunggung cerita yang menarik..

    Kawaii Ayu :
    Arigatou Gozaimasu

    Comment by Seyo — February 28, 2009 @ 6:04 am

  17. Baru tahu saya cerita tentang gunung fujiyama. Ntar tak ceritain ke….

    Kawaii Ayu :
    Ke siapa……….??????

    Comment by alris — February 28, 2009 @ 4:36 pm

  18. cerita putri kaguya pernah casual cutie liat di film doraemon. ternyata beneran ya jadi legenda di Jepang

    Kawaii Ayu :
    Casual cutie yang manis…..maaf ya aku dah jarang ngeblog…..

    Comment by casual cutie — March 1, 2009 @ 1:38 am

  19. wah2 ceritanya sederhana … ingat dongeng2 waktu kecil, bedanya … kisahnya versi Jepang … ditunggu versi lokal (cerita dari “kampung sendiri”

    Kawaii Ayu :
    Ya tunggu aja

    Comment by abrus — March 2, 2009 @ 12:59 am

  20. wah.. jgn2 fushi no kusuri nya msh ada tuh,
    kan obat abadi, pst ga hangus di bakar juga..hii..
    btw yg membuat G.fuji terkenal d sluruh dunia itu apanya seh sensei..!!

    Kawaii Ayu :
    Saya juga gak tahu kenapa gunung fuji itu sangat terkenal sekali tapi mungkin karena gunung fuji itu adalah gunung yang dikeramatkan oleh Jepang

    Comment by achmad — March 2, 2009 @ 12:10 pm

  21. kawaii ayu ko BT trs sih??? hihi…
    casualcutie dulu jg sempet warnain rambut, cm 1x, rambut jd kaku, pecah, waduh…mirip spt rambut kuntilanak yg ga pernah disisir 100th. akirnya terpaksa tp seblm keramas, casualcutie olesin santan ke rambut, tunggu 1 jam baru keramas. bau…berminyak…tp stlh 1 bln rambut jd lbh halus.
    kawaii ayu, casualcutie ke Bali awal April. kebetulan casualcutie lg ada perlu jg nih. he he he..tp cuma 2 hr dan kemungkinan nginap di rumah tante di Batu Bulan.
    hehe..casualcutie ga punya facebook….

    Kawaii Ayu :
    Buat facebook dong casual cutie yang kawaii……..Onegaishimasu

    Comment by casual cutie — March 4, 2009 @ 12:54 pm

  22. boleh juga untuk jadi bahan cerita untuk anakku

    Kawaii Ayu :
    Waaaaa orang tua yang baiiiiikkkk

    Comment by mountnebo — March 12, 2009 @ 8:01 am

  23. Gambarnya cantik bangettttttttttttttt!!.. Ditambah isi ceritanya yang hemmmm menarik!. Salam kenal.

    Kawaii Ayu :
    Arigatou Gozaimasu….salam kenal juga yah….

    Comment by Kika — March 13, 2009 @ 6:41 am

  24. ko obatnya engga dikasih aku aja ya ?

    Kawaii Ayu :
    Nanti saya kirim ke kelly deh…..lewat mimpi ya, he he he

    Comment by kellyamareta — March 15, 2009 @ 4:25 am

  25. oiiii kawaii ayu……

    Kawaii Ayu :
    Cazual cutie kangen ya sama kawaii ayu, sama…..hiks….Buat FB dong…..onegaishimasu!!!!!!

    Comment by casual cutie — March 15, 2009 @ 5:15 am

  26. Wach ahli sejarah nich kayaknya……

    salam kenal aja dech…..jangan lupa mampir n memberikan saran dan masukkan buat blogku agar lebih maju lagi ya…..

    Kawaii Ayu :
    Salam kenal juga

    Comment by M. Surya Ikhsanudin — March 16, 2009 @ 6:46 am

  27. weleh-weleh ayunya terobsesi ama japon yaa..

    Comment by Fuad — March 17, 2009 @ 12:34 am

  28. Jadi legendanya gunung Fuji ini toh???
    Baru tahu nih, hiks….
    Salam kenal ya mbak dari blogger Jatim.
    Boleh nggak nih kita tukeran link???

    Comment by Rudy — March 19, 2009 @ 9:51 pm

  29. salam kenal ayuratna
    wah asyik juga ceritanya
    sukses slalu ya

    Comment by shalimow.com — March 21, 2009 @ 11:21 pm

  30. ini kaguya yang sama di seperti di komik Inuyasha kan ?

    Comment by Pertanyaan — March 28, 2009 @ 4:51 am

  31. Ceritanya yg nulis sp sih?kpn2 cariin cerita lain yg lbh seruuu!!ya?please!!gw sk bgt bacaaa!!!OK?

    Comment by arum — March 28, 2009 @ 2:14 pm

  32. sewaktu masih kecil, saya pernah di dongeng in sama paman tentang legenda ini. sangat menarik. apa kbr ayu ? sudah lama saya ndak mampir ke sini…
    ok ditunggu tulisan menarik berikutnya ya

    Comment by Willy Wungo — March 28, 2009 @ 4:31 pm

  33. berkunjung lagi nih. makin bagus aja blognya. salam balas ya

    Comment by syaiful — March 29, 2009 @ 10:51 pm

  34. Salam kenal dan asyik membaca bahan yang dipaparkan di blog ini. Tahniah dan syabas atas semua bahan bacaannya. Saya gembira dapat mengunjungi blog anda. salam hormat dari Malaysia.

    Comment by Siti Fatimah Ahmad — April 4, 2009 @ 9:23 pm

  35. kawaiii ayuuuu…..

    kawai ayu kemana….

    Comment by casual cutie — April 5, 2009 @ 12:00 pm

  36. hihihihi..casual cutie ga punya facebook kawaii ayu…soale casual cutie gendut & bulat spt dunking donuts, jd malu kl pasang foto.
    casual cutie akir2 ini jg sibuk, terpaksa acr ke bali diundur. casual cutie lg sibuk ngemil, dandan. eh, casual cutie akir2 ini sibuk nge desain dress buat casual cutie lo. ntar kalo udah jadi semua, casual cutie kirimin fotonya ya…

    Comment by casual cutie — April 7, 2009 @ 5:00 am

  37. Penulis ada hubungan dengan jepang kah?
    Banyak tulisannya japanese style🙂. no offense.
    Btw salam kenal ya.

    Comment by Deonald — April 14, 2009 @ 7:08 pm

  38. kawaii ayuuuu……………casual cutie udah punya facebook….tapi casual cutie lupa namanya soale yang buatin temen. bentar casual cutie tanya dulu ya…

    muahhh muah…..

    kangen nih sm kawaii ayuuu

    Comment by casual cutie — May 3, 2009 @ 5:03 am

  39. punya gambar kakeknya lage gendong putri kaguyanya gk?^^

    Comment by Feb — May 5, 2009 @ 8:02 am

  40. ke Jepang ah mau motong bambu di lembah Gunung Fuji. berkunjung lagi nih apa kabar

    Comment by syaiful — June 14, 2009 @ 10:17 am

  41. ayu…aktif lagi lah…

    ayo ngeblok lagi ^_^

    Kawaii Ayu :
    Iya, ce….aku akan semangat lagi ngeblog, he he he

    Comment by kweklina — June 22, 2009 @ 3:04 am

  42. Legend yang menarik.
    By writer of Hajji Book:
    40 Hari Di Tanah Suci
    Thank you

    Comment by Anwar Ashari — June 23, 2009 @ 2:16 am

  43. wah .. pagi2 sudah nemuin cerita yang menarik ..
    trims ya tuk ceritanya ..

    Iklan Baris

    Comment by Iklan Gratis — September 7, 2009 @ 3:11 am

  44. wahh…….ceritanya sama banget kaya yang di inuyasa kalo ga salah judulnya putri keabadian….^_^,…..

    Comment by pertiwi sopiani — October 4, 2009 @ 2:14 am

  45. Cyifaa,jg cyuxa.dongeng” cbl0m tdur.cyalam knal y kawaii..^_^..tp cyifaa g’pcya klo fuji gunung yg abadi.cyifaa yaqin brjuta”% klo qiamat fuji jg bkal hancur.ddunia ni cyifaa yaqin g’da yg abadi.yg abdi cm 4JJ1 Tuhan cyifaa yg mha sgalany.alhamdulillahi robbil ‘aalamiin 3makatcyi y 4JJ1 Kau msh beri cyifaa khdupan&ksi ksempatan bca dongeng ni.amiin

    Comment by Ibaadi 4JJ1 cyifaa — November 25, 2009 @ 11:52 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: