Ayu_Emi

December 12, 2008

Aisatsu

Filed under: Nihongo — ayuratna @ 11:21 am

Aisatsu adalah “salam” dalam bahasa Jepang…Salam dalam bahasa jepang banyak macamnya dan kali ini saya ingin menjelaskan beberapa salam dalam bahasa Jepang….

1. Ogenki desuka.

Apa kabar ?

2. Genki desu.

baik-baik saja.

3. Gokigen wa ikaga desuka.

Bagaimanakah kabar anda ?

4. Okagesamade genki desu.

Baik-baik saja, Terima kasih.

5. Ohayou gozaimasu.

Selamat Pagi.

* Ohayou gozaimasu diucapkan ketika bangun pagi dan bertatap muka dengan orang.

6. Konnichiwa.

Selamat siang dan selamat sore.

7. Konbanwa.

Selamat Malam.

* Diucapkan pada waktu berjumpa dengan orang di malam hari.

8. Oyasuminasai.

Selamat istirahat,ย  selamat tidur.

* Diucapkan juga ketika ingin mengucapkan salam perpisahan di malam hari.

9. Sayounara.

Selamat Tinggal.

10. Mata aimashou.

Sampai jumpa lagi.

11. Ja mata.

Sampai nanti.

12. Hisashiburi.

Sudah lama kita tidak berjumpa.

13. Irasshaimase.

Selamat datang.

* Merupakan bahasa lisan yang biasanya digunakan pelayan toko pada saat menyambut pelanggan.

Pegawai hotel menyambut tamu dll.

14. Mata irasshite kudasai.

Silahkan datang lagi.

15. Yokouso.

Selamat datang.

* Merupakan bahasa tulisan yang digunakan untuk menyambut orang atau tamu yang biasanya ditulis

pada banner, spanduk dll.

16. Omedetou gozaimasu.

Selamat.

17. Otanjoubi omedetou gozaimasu.

Selamat ulang tahun.

18. Akemashite omedetou gozaimasu.

Selamat tahun baru.

19. Gokekkon omedetou gozaimasu.

Selamat atas pernikahan anda.

20. Arigatou gozaimasu.

Terima kasih.

21. Dou itashimashite.

Terima kasih kembali atau sama-sama.

22. Itadakimasu.

Selamat makan.

* Baik ada seseorang maupun tidak, jika akan makan orang Jepang mengatakan “itadakimasu“.

23. Gochisousamadeshita.

Terima kasih atas makanan ini.

* Diucapkan setelah selesai makan sebagai rasa syukur atas makanan yang telah dimakan.

24. Itte kimasu.

Saya pergi.

* Orang Jepang ketika akan keluar rumah mengatakan “itte kimasu” kepada orang rumah.

25. Itte rasshai.

Selamat Jalan/hati-hati di jalan.

* Ketika orang yang akan keluar rumah mengatakan “itte kimasu” maka orang yang ada di rumah wajib membalas “itte rasshai“.

26. Tadaima

Saya pulang.

* Saat sampai di rumah, orang Jepang wajib mengatakan “tadaima” kepada orang yang ada di rumah.

27. Okaerinasai.

Selamat datang kembali di rumah.

* Ketika orang Jepang sampai di rumah dan mengatakan “tadaima” kepada orang rumah, maka orang rumah membalas dengan “Okaerinasai“.

28. Otsukaresamadeshita.

Terima kasih atas usaha dan kerja keras anda.

* Salam yang sering diucapkan di tempat kerja dan biasanya diucapkan oleh bawahan kepada atasan setelah menyelesaikan pekerjaan selama sepanjang hari itu. Biasanya diucapkan ketika akan pulang kerja.

29. Gokurosama.

Terima kasih atas usaha dan kerja keras anda.

* Penggunaannya hampir sama dengan “Otsukaresamadeshita“, hanya saja “gokurosama” diucapkan oleh atasan kepada bawahan dan sesama rekan kerja.

30. Moshi moshi.

Hallo. (ucapan salam ketika di telfon).

31. Shitsureishimasu.

Permisi.

32. Hajimemashite.

Perkenalkan.

* Salam yang diucapkan ketika pertama kali bertemu/berkenalan dengan seseorang.

33. Ganbatte kudasai.

Semangat, semoga berhasil.

45 Comments »

  1. Wah dari sekian banyak yang disajikan ai cuma ngerti yang Konbanwa.emi
    Terus Arigatou gozaimasu untuk semuanya
    N astu lagi…….. Apapun yang terjdi emi harus ttep Ganbatte kudasai.
    OK……..

    Emi :
    Arigatou Cinta…anata no koto suki nanda…
    Cinta juga harus tetep Ganbatte kudasai….

    Comment by Cinta — December 12, 2008 @ 11:37 am

  2. saya waktu SD pernah mengingat sebuah tulisan berbahasa jepang. sampai sekarang tetap ngga pernah ngerti artinya, begini nih…

    oretachi naku komo warau namenayo no boby yu rengo…

    hahaha…
    ada artinya ngga?

    Kawaii Ayu :
    Oretachi = kami (bahasa informal)
    Naku = menangis
    komo (saya belum pernah dengar kata2 itu)
    warau = tertawa
    namena (saya juga belum pernah dengar kata2 ini)
    yo = partikel di akhir kalimat sebagai penegasan dalam sebuah kalimat percakapan…
    coba diingat lagi, mungkin ada kesalahan dalam menulis….

    Comment by tren di bandung — December 12, 2008 @ 12:19 pm

  3. Konbanwa,kawai Ayu…

    Gokigen wa ikaga desuka?

    langsung cc praktein…waduh…asyik juga ya bisa bahasa Jepang,CC suka dengar lagu Teresa Teng,baik yang mandarin dan Jepang.yang Jepang tak mengerti sama sekali.

    Kawaii Ayu :
    Ohayou Gozaimasu, cece….
    watashi wa aikawarazu genki desu. (saya baik2 aja seperti biasa.)
    coba lyricnya lagu teresa teng yang dalam bahasa Jepang kirim ke email kawaii ayu, mungkin kawaii ayu bisa menerjemahkannya untuk cece ku sayang…
    Osewa ni (God bless U)
    Cece, Aishiteru (Luv U)
    Ja mata ne….kawaii Onechan….
    Imouto Yori

    Comment by kweklina — December 12, 2008 @ 3:36 pm

  4. Anatawa dare deska? jd inget kursus bahasa jepang waktu sma nih.

    Kawaii Ayu :
    Hajimemashite
    Ayu desu.
    yoroshiku Onegaishimasu.
    ikyusan wa nihongo ga hanasemasuka….

    Comment by ikyusanopono — December 12, 2008 @ 5:42 pm

  5. wah..copi lg copi lg nih….
    keren…
    mana lg dunk kawaii ayu..

    Kawaii Ayu :
    Arigatou cutie chan…..
    Tunggu ya selanjutnya….

    Comment by casual cutie — December 13, 2008 @ 4:31 am

  6. genki deska?
    arigatoo gozaimasu
    zuzuku diraba

    Kawaii Ayu :
    Kawaii Ayu wa genki desu.
    Dou itashimashite
    “zuzuku diraba” he….he….jadi gak enak bacanya….

    Comment by info resep — December 13, 2008 @ 4:34 am

  7. waduh…

    sensei….

    jadi japanese tutor neyh…

    hakz.hakz.

    seru-seru..

    btw..

    katanya jatuh lagi…

    wele kagak bosen-bosen…

    mmm…..

    dvd nya mana???

    hehe..

    chheerrrsss….

    arigato gosaimasu..

    Kawaii Ayu :
    Eh iya ya lupa sensei….
    makanya ingetin ya, ntar tak pinjemin….

    Comment by dhika — December 13, 2008 @ 5:44 am

  8. waahh.. bagus juga nech.. bisa belajar bahasa jepang tanpa ngeluarin duit sepeserpun.. hee…๐Ÿ™‚

    bay the way in the bus way, ibu ini guru bahasa jepang juga yach?! boleh nech privat..๐Ÿ˜‰

    Kawaii Ayu :
    Privat lewat blog aja ya…..

    Comment by airlangga89 — December 13, 2008 @ 1:33 pm

  9. Waduh ayu balesannya ga ngerti udah lama jadi pelajaran bahasa jepangnya udah pada lupa.

    Kawaii ayu :
    He…he…udah lupa ya…gomen ne (maap ya)

    Comment by ikyusanopono — December 14, 2008 @ 1:46 am

  10. yang saya tahu cuman moshi moshi itupun dari nonton film jepang…hehehe

    Kawaii ayu :
    Suka nonton film Jepang ya…Kawaii ayu paling hobby nonton film Jepang

    Comment by omiyan — December 15, 2008 @ 3:29 am

  11. klo ” I Love You” apa bhs jepangnya, sensie?

    Kawaii Ayu :
    AI SHITERU (I Love You)

    Comment by mr ketut — December 15, 2008 @ 4:30 am

  12. Kalo selamat menempuh hidup baru, apa ya…?

    Kawaii Ayu :
    Gokekkon Omedetou Gozaimasu…..
    Pak echo mau doain saya biar cepet nikah ya…he..he…

    Comment by Farrel — December 15, 2008 @ 7:22 am

  13. tulisan ini sungguh
    bermanfaat bagi saya
    thanks atas kebaikan hati
    kawaai Ayu memberi
    pelajaran bahasa Jepang
    gratis bagi kami……
    arigatou gozaimasu…..arigatou kudasai
    GBU๐Ÿ™‚

    Kawaii Ayu :
    Saling memberi dan menerima…saya juga banyak mendapatkan pengetahuan dari mikekono sensei…
    Arigatou Sensei…
    GBU๐Ÿ™‚

    Comment by mikekono — December 15, 2008 @ 8:41 am

  14. hi, kapan jadi program nya? for the plan that we have made

    Kawaii Ayu :
    Yaaa….atur2 aja bis….

    Comment by bisena ajus — December 15, 2008 @ 2:27 pm

  15. Halo, salam kenal.

    Jadi nambah 1 perbendaharan tempat lagi untuk belajar bahasa jepang (^_^) Udah lama belajar tapi masih blom bisa2 juga nih๐Ÿ˜› Lebih sering malesnya sih dari pada rajinnya๐Ÿ˜€

    Sering-sering share bahasa jepang lagi ya, arigatou gozaimasu (–)
    benkyou!! benkyou!!!

    Kawaii Ayu :
    Hajimemashite…
    Ayu desu
    Yoroshiku Onegaishimasu…
    Kocu san, genki desuka…

    nihongo o benkyou shite, ganbatte ne….

    Comment by kocu — December 15, 2008 @ 4:42 pm

  16. Bang Kumis pinginnya sih bersin dan ketawa pake bahasa Jepang..

    HA..? HA..? HATCHIIII… itu apa ya Jepangnya..?

    trus WAKAKAK apa Jepangnya…?
    ๐Ÿ˜†

    Kawaii Ayu :
    HATCHIIII… bahasa Jepangnya (hakushon….)
    WAKAKAK bahasa Jepangnya (aha..aha…aha..)

    Comment by Bang Kumis — December 16, 2008 @ 4:32 am

  17. adu aku kok pusing ya kalau belajar bahasa ? gimana carany biar mudah diingat terus.. kadang sekarang ingat besok udah lupa artinya.. tips.. nya dong๐Ÿ˜ฆ

    Kawaii Ayu :
    Caranya, kita harus menyenangi bahasanya dulu, baru mudah untuk mengingatnya…Semangat!!!!

    Comment by Dew@_@jus — December 16, 2008 @ 5:07 am

  18. hajimemaste watashi wa mohawkboyz desu (haha bener gak ya??)

    wah kereeeen bisa kursus online nih,,

    mohon bimbingannya!

    Kawaii Ayu :
    Hajimemashite….
    Ayu desu
    Douzo yoroshiku…

    Comment by mohawkboyz — December 16, 2008 @ 7:42 am

  19. Kalau assalamu’alaikum, bahasa jepangnya gimana

    Kawaii ayu :
    Ya tetap saja “assalamu’alaikum” dalam bahasa jepang soalnya tidak ada…lagian orang Jepang jarang sekali yang beragama islam…
    Tapi kalo mau mengucapkan salam sama orang Jepang pake…ogenki desuka, ohayou gozaimasu, konnichiwa, konbanwa, dan lain-lain…

    Comment by abuthoriq — December 16, 2008 @ 9:35 am

  20. wahhh..bagusss.pas banget ada temen yang bisa bahasa jepun Ultah, jadi saya kopi aja ucapan selamat Ultah dalam bahasa Jepunnya.

    Nice post Ayu.

    Kawaii ayu :
    Praktekin ya…..
    Arigatou Gozaimasu

    Comment by sige — December 16, 2008 @ 10:30 am

  21. yak Kanpai…! mbuh ga tau artinya tapi seru, Kanpai…! eh Ayu apa sih arti Kamehameha? dari dulu saya seneng dragon ball, pengen tau artinya

    Kawaii Ayu :
    Kawaii ayu gak tahu tuh apa artinya, kayaknya itu salah satu jurusnya song go ku, jadi mungkin bisa ditanyakan sama song go ku, ha…ha…ha…

    Comment by yande — December 16, 2008 @ 2:54 pm

  22. saya datang lagi dengan sejuta senyuman๐Ÿ™‚
    salam kenal๐Ÿ™‚

    Kawaii Ayu :
    SAlam kenal juga dari kawaii ayu๐Ÿ™‚

    Comment by tukyman — December 17, 2008 @ 9:48 am

  23. Klo bahasa jepangnya monyet makan solar apa…..?

    Kawaii Ayu :
    Saru wa gasorin o taberu…
    Heri aneh2 aja nih….

    Comment by herry — December 18, 2008 @ 5:40 am

  24. salam kenal,
    sangat bagus saya bisa sedikit tahu bahasa jepang,
    dan menunggu edisi berikutnya…

    Kawaii Ayu :
    Mudah-mudahan postingan saya ini berguna bagi semuanya, amin…

    Comment by suryaden — December 18, 2008 @ 8:49 am

  25. alah bli yande udah nikah masih aja suka kamehameha.. itu artinnya kamen nyangkut di motor yamaha.. haaaa ..๐Ÿ™‚ he.. numpang tulisan ya..
    Ayu gimana kabarnya nih? denger-denger lagi kasmaran ya.. wahhhhh.. udah punya cowok idamana ya…Ganabatte kudasai (nyontek diatas nih) janmata.. (nyontek juga nih..)๐Ÿ™‚

    Kawaii Ayu :
    Kabar Kawaii Ayu baik2 aja seperti biasa…
    Waaaa dengar dari siapa tuh, jadi enak….
    Dewa san mo ganbatte kudasai…
    Ja mata ne….

    Comment by dodex — December 19, 2008 @ 4:44 am

  26. Ogenki desuka ayu, salam kenal ya

    Kawaii Ayu :
    Genki desu….
    Hajimemashite
    Ayu desu
    Yoroshiku onegaishimasu.
    SAlam kenal juga

    Comment by ilusiwanita — December 19, 2008 @ 7:33 am

  27. Keren…jadi ingin kursus privat ke Ayu San nih.

    Kawaii Ayu :
    Ya…ntar tak ajarin…
    makasi ya mas teguh udah mampir

    Comment by tegtitan — December 19, 2008 @ 7:44 am

  28. Salam kenal…

    Mbaca blog ini, kok banyak banget bahasa jepangnya… jadi ingat sahabat pena saya yang beberapa gadis jepang.๐Ÿ™‚ sempat pengen belajar bahasanya. Nah bisa belajar disini deh!

    Kawaii Ayu :
    kalo ada yang bisa saya bantu, akan saya bantu….
    terima kasih atas kunjungannya

    Comment by 10 Besar Google — December 19, 2008 @ 8:09 am

  29. Aduh artiny apa tuh… kagak ngerti .. he…
    Moshi..moshi…. gak tau juga nih artinya ….๐Ÿ™‚

    Kawaii Ayu :
    Ganbatte kudasai = semangat…
    makanya belajar dong bahasa Jepang

    Comment by Dew@_@jus — December 19, 2008 @ 8:41 am

  30. watashiwa ario desu, dozo yoroshiku onengashimasu

    Kawaii Ayu :
    Hajimemashite….
    Ayu desu
    Kochirakoso yoroshiku

    Comment by ario saja — December 20, 2008 @ 5:14 am

  31. Wah tutorial yg menarik, apalagi sensei-nya cantik jadi ga bosen belajarnya hehehehe…. oya, sensei mungkin tertarik dagangan saya -== selimut jepang ==-

    Kawaii Ayu :
    Arigatou Gozaimasu

    Comment by Adi Murvianto — December 20, 2008 @ 2:50 pm

  32. mau donk diajarin bahasa jepang, apalagi dikasi les privat gratis…wakakakk…salam kenal.

    Kawaii Ayu :
    Salam kenal juga…

    Comment by dewak — December 22, 2008 @ 8:01 am

  33. pusyiiing pusyinggg

    Kawaii Ayu :
    Kawaii Ayu jadi ikut pusing nih….

    Comment by suwung — December 23, 2008 @ 1:06 pm

  34. kawaii ayu san ni tanjobi omedeto gozaimashita..
    shibaraku desu ne…

    go shokai shi te mo ii desuka.
    hajimeshite…
    boku wa kazaki gofuji desu
    BINJAI shi ni sunde iru ( kita sumatora kara )
    boku no sigoto wa kompyuta no sensei desu
    doozo yoroshiku ongenai shimasu :-X

    Kawaii Ayu :
    Hajimemashite…
    Ayu desu.
    kochirakoso yoroshiku.
    Kazaki san wa doko de konpyuutaa o oshiete imasuka.

    Comment by kazaki gofuji — December 23, 2008 @ 7:05 pm

  35. blog yg menarik, bisa buat saya belajar..

    Kawaii Ayu :
    Arigatou Gozaimasu…
    Semoga postingan saya yang sederhana ini bisa bermaanfaat bagi semuanya…

    Comment by 3gitar — December 25, 2008 @ 7:08 pm

  36. Salam kenal bu guru…

    Sonchou

    Kawaii Ayu :
    Salam kenal juga dari Kawaii Ayu…

    Comment by joe Sitohang — December 26, 2008 @ 8:30 am

  37. Tanya:
    Arigatougozaimasu katanya buku boleh dijawab dengan IIe.
    Nah, IIe bukannya “tidak” jadi maksudnya “tidak apa2”.Seperti itukah ??

    Kawaii Ayu :
    A : Arigatou Gozaimasu.
    B : Dou itashimashite. (Dijawab kalo si B telah memberikan sesuatu kepada si A yang artinya sama2).

    A : Arigatou Gozaimasu.
    B : Kochirakoso. (Dijawab kalo si B memberi sesuatu kepada si A dan si A juga memberi sesuatu kepada si B, jadi di sini situasinya sama sama saling memberi.kochirakoso juga berarti sama-sama)

    A : Arigatou Gozaimasu.
    B : Iie…. (Di sini si B merasa bahwa apa sesuatu yang diberikan pada si A itu biasa-biasa saja, tidak istimewa…tapi juga bisa si B ini merendah jadi ia menjawab “iie”. “iie” di sini bermakna “ah..enggak biasa aja gak perlu terima kasih”).

    Comment by sandyputra — January 12, 2009 @ 1:33 pm

  38. Mbak ayu tau lguna laruku yang bravery ga?terjemahin dunk?please. .

    Kawaii Ayu :
    Saya suka sih ngedengerin lagunya laruku tapi saya gak Hafal judul lagunya…..coba lyric lagunya kirim ke email saya di ayuratna_3mi@yahoo.com saya akan coba terjemahkan sebisanya, terima kasih

    Comment by Tetsu — January 13, 2009 @ 4:08 pm

  39. Mbak ayu. . .da almt fs na ga?nakayubi wa hayaku,artina pa mbakyu?

    Kawaii Ayu :
    Gomen ne tetsu san, FS ga nai….Saya gak punya FS.
    Nakayubi = jari tengah
    Hayaku = cepat
    jadinya jari tengahnya cepat, kira2 begitu artinya.

    Comment by Tetsu — January 18, 2009 @ 2:24 pm

  40. numpang belajar sis๐Ÿ˜€

    Kawaii Ayu :
    Kalo ada yang bisa saya bantu pasti saya bantu….

    Comment by tito — January 22, 2009 @ 2:47 am

  41. kalo ada makalah tentang aisatsu, mohon di lampirka sensei

    Comment by wahyou — April 4, 2009 @ 3:37 am

  42. sensei,ogenki desuka
    hisashiburi ne

    nget nami ga?sensei, nami mo bljr Nihongo lebih lnjut mo ga sensei ngajrin lg?
    tp gratis ya?!!heee,,,,

    Comment by nami — April 16, 2009 @ 12:14 pm

  43. Ohayou gozaimasu,Ayu sensei..
    Watashi wa nana desu..
    Gbetanku mau ultah,jadi pengen ngasih yg unik gto..
    Jdi,aq mau ngasih ucpan pke bhza jpang aja..
    Bntuin donk..
    Gni: apa dlam bhza jpang..
    -Smoga pnjg umur,sehat slalu,dan makin baek dr tahun lalu??
    -trus aq hnya ingin katakan….
    Artinya di jepang apa?? Onegai,sensei…
    Arigatou gozaimasu..

    Comment by Yohana rinku — September 13, 2009 @ 1:22 am

  44. Ohayou gozaimasu,Ayu sensei..
    Watashi wa nana desu..
    Gbetanku mau ultah,jadi pengen ngasih yg unik gto..
    Jdi,aq mau ngasih ucpan pke bhza jpang aja..
    Bntuin donk..
    Gni: apa dlam bhza jpang..
    -Smoga pnjg umur,sehat slalu,dan makin baek dr tahun lalu??
    -trus aq hnya ingin katakan….
    Artinya di jepang apa?? Onegai,sensei…
    Arigatou gozaimasu.. >.<

    Comment by Yohana rinku — September 13, 2009 @ 1:24 am

  45. Dibales cpet ya,sensei..
    Coz ultahnya dket.. Cma 3 hri lge..

    Comment by Yohana rinku — September 13, 2009 @ 1:26 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: