Ayu_Emi

October 15, 2008

“GIONGO” apaan tuh….

Filed under: Nihongo — ayuratna @ 10:31 am

Bagi pembelajar bahasa Jepang, giongo sangat menarik untuk dipelajari. Giongo atau disebut juga dengan onomatope adalah kata-kata yang dinyatakan dengan bunyi bahasa atau disebut juga dengan tiruan bunyi seperti suara hewan, suara manusia yang sedang tertawa atau menangis, bermacam-macam bunyi benda di sekitar kita dan lain-lain. Bunyi-bunyi yang ditetapkan sebagai kata sedapat mungkin harus dekat dengan bunyi aslinya. Berikut ini aku pengen beritahu kalian semuanya tentang giongo dari tiruan suara hewan, abis lucu banget onomatope dari suara binatang dalam bahasa Jepangnya……

1. Anjing
Jepang :wan wan
Indonesia : guk guk
2. Anjing menyalak
Jepang :kyan kyan
Indonesia :gong gong
3. Kucing
Jepang :nyaa nyaa
Indonesia :meong meong
4. Tikus
Jepang :chuu chuu
Indonesia :cit cit
5. Kambing
Jepang :mee mee
Indonesia :embek embek
6. Sapi
Jepang :moo moo
Indonesia :moo moo
7. Babi
Jepang :buu buu
Indonesia :guik guik
8. Kuda
Jepang :hihiin
Indonesia :hriikk (kira kira seperti itu)
9. Burung
Jepang :chii chii / chun chun
Indonesia :cuit cuit
10.Ayam
Jepang :kokekokko
Indonesia :kukuruyuk
11.Gagak
Jepang :kaa kaa
Indonesia :kak kak
12.Ular
Jepang :Shuut
Indonesia :shuuu
13.Katak
Jepang :gero gero
Indonesia :kalo indonesianya bunyinya gimana?????? ada yang tau gak????

31 Comments »

  1. Sensei…klo Anjing menggonggong saya tahu bhs jepangnya,
    Guk..guk..na..na..wan..wan…
    bener khan?

    kawaii Ayu :
    Beneeeeeeerrrrrr banget!!!!!
    Guk..guk…na….na…wan…wan…. jadi inget namanya bang kumis deh, ha ha haa…
    pasti gitu maksudnya kan Mr. Ketut ???????
    Mr. Ketut jenius banget sih!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Comment by mr. ketut — October 15, 2008 @ 11:04 am

  2. JANGAN GILA DOOOOOOOOOOOOOONGG…….!!!!

    Kawaii Ayu :
    HARUS GILA DOOOOOOOOOOOOOOOOOOOONGG…..!!!!!

    Comment by Bang Kumis — October 15, 2008 @ 12:03 pm

  3. Kok bisa beda ya suara hewan dijepang ma di Indonesia. Pa karena makanannya kali ya..? Tapi kalo anjing Indonesia makan makanan jepang pasti suaranya jadi : guk..guk..na..na..wan..wan… ( Bang kumis kali ya…🙂 )

    Kawaii Ayu :
    Bukan bang kumis kali ya, tapi emang bener bang kumis, heeeeee…..

    Comment by ekomadjid — October 15, 2008 @ 12:05 pm

  4. kalo mimik chuu chuu artinya apa???

    Kawaii Ayu :
    aku cuma tau minum susu!!!!!
    bisena umurnya berapa ya…. pasti masih kecil ya….

    Comment by bisena — October 16, 2008 @ 8:01 am

  5. Wah jadi bingung mau komen apa? Tapi yang jelas neechan jago bahsanya,otouto minta ampun deh……… 77.gif
    Titip respon aja deh………

    @bisena => kalo mimik chuu chuu susah diartikan dengan kata-kata,mending langsung PRAKTEK ja……… 9.gif

    @bang kumis => wah lagi apes ya bang………. 4.gif

    Onechan :
    Neechan sih belum jago bahasa Jepangnya, masih tahap belajar juga adek…..

    Comment by Otoutochan — October 16, 2008 @ 8:31 am

  6. Lho,images-nya koq ga nongol ?????????

    Comment by Otoutochan — October 16, 2008 @ 8:32 am

  7. JBB kalau JBB gonggong gimana tuch bunyinya di jepang?

    Kawaii Ayu :
    Kalo pak arsa yang gong gong baru tahu bunyi bahasa jepangnya :
    DOG DOG DOG LER LER LERR…………… ALIAS PAK ARSA DOGLER!!!!!!

    Comment by pachanuradentim — October 16, 2008 @ 8:53 am

  8. Giongo => Gong-gong??

    Kawaii Ayu :
    Giongo tuh bukan artinya gong gong….tapi ONOMATOPE dalam bahasa Indonesianya!

    Comment by PAC HANURA DENPASAR TIMUR — October 16, 2008 @ 10:36 am

  9. kalau balinya kung kek – kung kek…

    Kawaii Ayu :
    Ooooooooooooooo………….gitu ya mas

    Comment by didin — October 16, 2008 @ 3:56 pm

  10. siang,boleh kenalan ga? aq teman na bisena wkt smu, berhubung qt sama2 dari gianyar tp beda km pinter bhs jepang sedang khan aq ga…

    Kawaii Ayu :
    Saya belum merasa pintar bahasa Jepang, karena sampai sekarang saya masih belajar
    Senang berkenalan

    Comment by oplet — October 17, 2008 @ 6:44 am

  11. Wahhh seru tuuuuu, Kalau Kambing Sapi Tikus apa COBA????:D

    Kawaii Ayu :
    Kan sudah ada di postingnya,makanya baca sampai habis pak made…..

    Comment by departa — October 17, 2008 @ 9:04 am

  12. suara kentut.. DOT DUT DIT ..
    http://www.asephd.co.cc

    Kawaii Ayu :
    Itu kan kalo suara kentutnya besar, kalo kecil gimana dong bunyinya?????????

    Comment by Kaka — October 17, 2008 @ 10:18 am

  13. Suara kodok… nggak tau… ntar dikira pamannya kodok pula…🙂

    Kawaii Ayu :
    Kalo kasih tau gak akan dibilangin pamannya kodok, paling dibilangin temannya kodok, heeeee

    Comment by Rizal — October 17, 2008 @ 2:27 pm

  14. lucu ya suara katak di jepang🙂

    Kawaii Ayu :
    Iya luchu sie…
    saya aja waktu pertama kali tau katak bunyinya gero-gero aja ketawa-ketawa

    Comment by Elys Welt — October 19, 2008 @ 10:38 pm

  15. info yg menarik dan educated….!
    kl sakukurata dan mikekono
    bhs Jepangnya, apa ya mbak ayu ?

    Kawaii Ayu :
    Arigatou Gozaimasu…
    sakukurata = okane ga nai
    mikekono = ?????????????

    Comment by mikekono — October 20, 2008 @ 5:32 am

  16. kwok kwok kali suara katak di Indonesia

    Kawaii Ayu :
    Boleh juga tuh

    Comment by thevemo — October 20, 2008 @ 5:33 am

  17. kalau yang mau belajar bahasa Arab lebih banyak dari yang mau belajar bahasa Jepang… mungkin gak yaaa???

    Kawaii Ayu :
    Mungkin saja….
    Setiap bahasa memiliki keunikan masing-masing dan belajar bahasa itu sangat menarik.
    dengan bahasa kita bisa menguasai dunia, ada yang bilang gitu sih…
    saya juga tertarik untuk belajar bahasa arab,walau kata teman saya yang jurusan sastra arab bahasa arab itu susah

    Comment by wewenk — October 20, 2008 @ 7:01 am

  18. koq bisa beda y???
    apa krn lidah jepang ama indonesia beda y??
    contoh:
    cho-cho kan lidahnya ungu
    kintamani kan lidahnya merah
    hehehehehe…..

    Kawaii Ayu :
    Ya bener beda….
    karena lidahnya beda jadi penyebutan bunyinya juga beda….

    Comment by yuli3chantik — October 20, 2008 @ 11:08 am

  19. hahahaha
    iseng banget..

    but, nice post😀

    Kawaii Ayu :
    Makasi Yaw………

    Comment by diorockout — October 20, 2008 @ 12:06 pm

  20. wiw….

    seru yah ternyata binatang itu…

    nah kalo binatangnya kawin silang gimana???

    antara jepang ma indonesia…

    nah lo….gimana yakz logatnya…

    kayak cinta laura kali yak…

    heuheuheuheu…

    cheerrrsss….

    Kawaii Ayu :
    Contohnya kalo anjing indonesia dikawini dengan anjing jepang maka bunyinya jadi : “wan guk wan guk”

    Comment by dhika — October 21, 2008 @ 7:48 am

  21. Suatu waktu mendapat e-mail dari orang yang tidak dikenal… E-mail itu masuk di spam… Pas mau gw hapus, gue iseng baca dulu…. Gue baca berkali-kali sambil gue renungin…. Ehhhhmmmm lumayan kreatif nih penggagasnya. Entah siapa yang memulai… namun yang jelas akhirnya gue ikutin program tersebut…
    Hasilnya..?? ? Saat ini belum ada… Mungkin setelah beberapa waktu ke depan baru ada hasilnya, itupun tergantung Anda mau ikutan apa gak..??? hehehe..
    Ok deh… segitu aja prolog dari gue… Setelah Anda membaca, keputusan ada di tangan Anda…
    Selamat membaca dan menganalisanya…..!!!!!!!

    Comment by quantumeconomics — October 21, 2008 @ 9:12 am

  22. ini beneran ya!!! kok lucu jadi nya

    Kawaii Ayu :
    Ya bener lah, masa bener dong!!!!!!!
    Ya lucu, masa serem…..

    Comment by zoel chaniago — October 21, 2008 @ 1:45 pm

  23. suka meluci juga ya………………
    kunjungi ke tuyi, selera kita samaaaaaaaaaaaa……….!

    Kawaii Ayu :
    Ya suka….

    Comment by Tuyi — October 22, 2008 @ 6:13 am

  24. ga da yang baru nich… ?

    Comment by Farrel — October 22, 2008 @ 8:59 am

  25. he he he.. Wah suara paling lucu kalo di jepang menurut saya adalah suaranya si kucing sama tikus.. kalo lagi berantem nyaa.. nyaa.. chuu.. chu..
    ha ha ha..🙂

    Kawaii ayu :
    kalo kawaii ayu sie paling seneng denger suara katak….

    Comment by baobaz — October 22, 2008 @ 1:44 pm

  26. hahahaha….
    klo kodok mgkn gini nich, kyk lagu waktu kecil….
    ada kodok, tekotek..tekotek…😆

    Kawaii ayu :
    Arigatou ne sarah….
    saya jadi inget kalo bunyi kodok tuh “tekotek tekotek”

    Comment by sarahtidaksendiri — October 23, 2008 @ 3:00 am

  27. nice info
    baru tau
    lucu bgt

    Kawaii ayu :
    Arigatou ne ade…..

    Comment by Ade — October 23, 2008 @ 6:08 am

  28. aduuuuuuuuuu………………………

    pada bisa bahasa hewan ya?
    apa emang tu bahasa aslinya?

    huahahahahahahaha

    *ngabur ah….

    Ayu Sensei :
    Ya iyalah itu bahasa aslinya kalo di jepang, tapi yang di indonesia sensei karang2 sendiri

    Comment by Adiz Wardana — October 25, 2008 @ 5:21 am

  29. thanks my sister
    good luck and godbless u
    bahasa Jepangnya apa sensei Ayu

    Kawaii ayu :
    thanks my sister (arigatou ne, imouto)
    good luck (ganbatte ne)

    Comment by mikekono — October 27, 2008 @ 9:15 am

  30. bu…. nama saya koq ga ada di daftarnya ibu…??
    -bonbonchan-

    Kawaii Ayu :
    Bonbon chan kan bukan mahasiswa, he……

    Comment by JinX — November 8, 2008 @ 5:17 pm

  31. hahahah..masa suara katak kwok..kwok…sama dengan marga aku tuh…

    weleh..weleh…

    pakai dalam bhs hokieen Kwek dibilang bebek
    pakai bahasa mandarin Kwok aduh…malah suara kodok

    Kecian deh aku…

    tapi aku baca koment,tertawa ngakat…wah akhir pekan yang bahagia baca blogmu…

    Kawaii Ayu :
    Waaaaa…..kok bisa samaan gitu ya sama namanya cc lina….
    tapi kawai ayu yakin klo arti marganya cc pasti bagus…
    apa artinya ce?

    Comment by kweklina — November 29, 2008 @ 4:46 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: