Ayu_Emi

September 24, 2008

Legenda Asal Usul “SHIO”

Filed under: Uncategorized — ayuratna @ 11:01 am

Seperti yang telah kita ketahui, ada 12 shio yang melambangkan binatang. Shio itu adalah shio tikus, sapi, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, ayam, anjing, dan babi hutan. Tahukah kenapa harus binatang-binatang tersebut yang masuk dalam 12 shio binatang? Di Jepang ada legenda yang menceritakan tentang asal usul shio binatang.

Dahulu kala, ada Dewa yang tinggal di puncak pegunungan. Ceritanya bermula pada saat sebelum tahun baru. Sebelum tahun baru, Sang Dewa mengirim surat kepada seluruh binatang untuk datang ke tempat tinggalnya pada saat tahun baru karena akan dipilih 12 binatang yang paling tercepat datang untuk dijadikan sebagai jenderal Sang Dewa. Para binatang menyambut undangan dari Sang Dewa dengan gembira. Sayangnya ada binatang yang tidak menerima surat dari Sang Dewa yaitu kucing, tetapi si kucing menerima informasi surat tersebut dari si tikus. Si tikus yang licik memberi tahu si kucing bahwa semua binatang harus berkumpul di tempat sang dewa pada saat pagi hari sehari setelah tahun baru. Padahal isi surat Sang Dewa seharusnya datang di pagi hari di tahun baru.

Semua binatang berfikir bagaimanakah caranya agar bisa menjadi yang tercepat datang ke tempat tinggal Sang Dewa??? Si sapi berfikir kalo ingin jadi yang tercepat, maka ia harus berangkat lebih awal dari binatang lainnya karena ia merasa jalannya sangat lamban. Kemudian berangkatlah si sapi pada malam harinya. Si tikus tahu niat si sapi untuk berangkat di malam hari. Saat si sapi mulai berangkat, si tikuspun loncat ke tubuh si sapi dan si sapi tidak sadar akan hal itu. Si tikus sangat cerdik dan licik karena ia ingin sampai duluan di tempat Sang Dewa tanpa harus bersusah payah. Sebaliknya si sapi merasa bahwa pasti dia yang dahulu sampai di tempat Sang Dewa.

Keesokan harinya di pagi-pagi buta, seluruh binatangpun mulai berlomba untuk sampai di tempat Sang Dewa. Akhirnya pagi hari di tahun barupun sudah tiba. Si sapi hampir sampai duluan di tempat Sang Dewa, tetapi si tikus kemudian lompat dari tubuh si sapi dan dengan cepatnya mendahului si sapi menuju ke tempat Sang Dewa. Mengetahui si tikus yang datang paling pertama, si sapi merasa kecewa. Seharusnya si sapilah yang datang lebih awal. Lalu berturut-turut datanglah harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, ayam, anjing, dan yang ke-12 adalah babi hutan. 12 binatang yang terpilih oleh Sang Dewa itu dikenal dengan 12 shio binatang. Di tempat Sang Dewa, 12 binatang itu berpesta ria sampai keesokan paginya.

Bagaimanakah dengan nasib si kucing???

Si kucing yang sampai saat setelah tahun baru merasa tertipu karena seharusnya dia datang pada saat tahun baru. Si kucingpun marah pada si tikus karena ia telah dibohongi dan kemudian si kucing berlari-lari mengejar si tikus dengan berkata bahwa dia akan menangkap dan memakan si tikus. Seharusnya si kucing bisa menjadi salah satu dari 12 shio binatang jika tidak ditipu oleh si tikus.

33 Comments »

  1. wah sio tikus berarti orang licik yach ?

    Ayu kirei :
    Belum tentu pak artha, contohnya saya, walau saya shio tikus tapi gak licik kan….

    Comment by Artha — September 24, 2008 @ 12:46 pm

  2. wiw…

    kasian amat tu kucing…..

    padahal kerenan kucing ketimbang tikus…

    gak heran ampe karang mereka selalu kejer-kejeran…keliling rumah…

    ckckck….

    simplynewts.blogspot.com

    comment yak!!!!

    Ayu Kirei :
    Jangan gitu dong, aku kan shio tikus

    Comment by dhika — September 25, 2008 @ 3:36 am

  3. Yah rugi donk kuda dibilang kuat lari kalo ga nyampe pertama……….๐Ÿ˜‰

    Onechan :
    Mungkin waktu itu kudanya lagi sakit kaki dek…..

    Comment by Kusmawan — September 25, 2008 @ 7:11 am

  4. cek….3x,tikus memang cuerdik yach! Geniius!

    Ayu Kirei :
    Iya dong, beruntunglah yang shionya adalah shio tikus, hidup shio tikus!!!!!

    Comment by srieka — September 25, 2008 @ 8:28 am

  5. Kacian tu kucing. KOk Bisa dia kalah ma tikus… PAdahal khan biasanya tikus kalah ma kucing. Kayak mbak ayu ma mas viard

    Ayu Kirei :
    Kok jadi nyambung2 ke pak viard????? penting gak sich!!!!!!!

    Comment by ekomadjid — September 25, 2008 @ 9:07 am

  6. kok babi dibelakang sih, harusnya kan didepan. soalnya aku kan itu

    Ayu Kirei :
    Berdasarkan analisis saya terhadap kalimat yang telah pak bisena tuturkan di atas, maka saya dapat menyimpulkan bahwa pak bisena adalah B……A……B…….I……

    Comment by bisena — September 25, 2008 @ 12:43 pm

  7. P. E kasian ma Si Meong,.Si tikus licik bnget,. Pantesan ja dy jd kesayangan Dewa yea,. P. E pernah baca di komik Fruit Basket (Natsuki Takaya),. Ceritanya yea tentang 12 Shio,. Kasihan Si meong,, dy dikucilkan coz g masuk dlm 12 Shio,. Pdhl khan ganteng,. Hehehe๐Ÿ˜›

    Ayu Sensei :
    P.E ternyata suka ya komik Fruit Basket tu ya, sensei juga tapi sensei animenya yang ditonton…

    Comment by P. E — September 26, 2008 @ 7:23 am

  8. ngomong-ngomong para manusia kemana ya?

    Ayu KIrei :
    Para manusia yang buat ceritanya

    Comment by mampiro — September 26, 2008 @ 8:30 am

  9. Ternyata binatang zaman dulu bisa baca surat ya…! Terus dewa apaan tuh yang tinggalnya di puncak pegunungan…?

    Kawaii ayu :
    ya iya lah, masa ya iya dong!!!!!
    Nggak tau tuh dewa apaan, heeeee

    Comment by herry — September 27, 2008 @ 3:46 am

  10. eeeeeeeeeeeeeehhhhh tunggu dulu shioku mana y??????
    kambing kok g disebutin sie bu ayu cantiiikkkkkkk?????????????????????????

    Kawaii ayu :
    Ah gak mau, soalna kan shiona bu anik….

    Comment by Manganik — September 28, 2008 @ 8:06 am

  11. oooooooooo…ternyata ini toh penyebabnya kucing doyan tikus. nah kalau kucing garong doyan gak sama tikus

    Adek Ayu :
    Oh, kalo kucing garong sih gak doyan ma tikus tapi doyannya ma mas Yudya,heeeeee

    Comment by yudya — October 1, 2008 @ 2:32 pm

  12. sebenernya..gua udah liat di buku cerita,tapi bagus juga kok….

    Kawaii Ayu :
    Aku juga tahunya dari buku n cerita dari senseiku

    Comment by bebek — October 2, 2008 @ 12:11 pm

  13. ibu msih ingat saya ndak ???
    klo msih cment saya yaaa…aa
    oya postinganya keren jga,
    oh sekaranng saya baru tau ceritanya
    knapa kucing suka ngejar tikus
    thank’s bu yaa..a

    Kawaii ayu :
    Tentu aja saya masi ingat kamu, si batu salak!!!!
    nanti saya kunjungi blogmu

    Comment by gumerin — October 5, 2008 @ 7:41 am

  14. Ohhhhh Begitu ta???? yang jadi kucing siapa yaa????? ntar ngejar-ngejar bu AYu yang shio Tikus NIe.

    Kawaii Ayu :
    Ada yang mau jadi kucing dan mau mengejar2 saya??? sapa ya dia?????

    Comment by departalahne — October 11, 2008 @ 2:23 am

  15. Ohhhhh Begitu ta???? yang jadi kucing siapa yaa????? ntar ngejar-ngejar bu AYu yang shio Tikus NIe.

    Kawaii Ayu :
    kok sama lagie!!!!!!!

    Comment by departa — October 11, 2008 @ 2:26 am

  16. bu ayu biasa aja deh….

    tapi menang kalo putihnya…
    (kertas kale!!!,,sapa tau bisa dikejer sama gunting,,bukan kucing)

    hehe….

    ttd.

    Sobi

    Kawaii Ayu :
    Iya, terima kasih

    Comment by dhika — October 13, 2008 @ 5:46 am

  17. kucing itu emang jelek ya bu ayu kirei kanai…. kayak gerak jalan aje

    Kawaii Ayu :
    Tapi aku suka binatang kucing loh pak arsa

    Comment by arsa a1-computer — October 13, 2008 @ 7:31 am

  18. Si Kucing waktu itu gak bisa dateng ke gunung karena lagi kekunci di aula, jadi gak bisa keluar……klo pun bisa keluar, gak mungkin bisa jalan ke gunung, krn si kucing lagi sekarat…..( udah 2 hari gak mimik susu )

    Kawaii Ayu :
    jangan2 yang jadi kucing tuh Mr. Ketut ya, kok tau sih???

    Comment by mr. ketut — October 14, 2008 @ 3:46 am

  19. saya gak percaya ma shio cuma buat have fun aja..btw shio ku kambing atau monyet ya

    Kawaii Ayu :
    Kalo saya sih percaya gak percaya…

    Comment by thevemo — October 14, 2008 @ 9:08 am

  20. Itulah kenapa saya selalu membenci tikus *kebanyakan Furaba*

    Kawaii ayu :
    sokka….
    nezumi ga kirai ne…..

    Comment by Eru — October 27, 2008 @ 9:33 am

  21. maka munculah legenda Tom and Jerry …๐Ÿ˜€

    Kawaii Ayu :
    Bener juga

    Comment by ciwir — October 29, 2008 @ 4:43 pm

  22. cerita yang menarik dan inspiring
    kasihan juga nasib si kucing itu ya
    dia jadi diperhitungkan dlm
    jagad pershio-an
    *tak usah sedih kucing,
    masih ada Ayu sensei bershio tikus
    yg sll baik sama kucing……ehem
    arigatou ganbatte ne

    Kawaii Ayu :
    Kalo mikekono sensei shionya apa ya….????

    Comment by mikekono — November 8, 2008 @ 8:42 am

  23. koq cuma 12binatang yg dapat surat ??

    kecoa, cicak & buaya mana ??

    coba ada shio kecoa, hehe

    Kawaii Ayu :
    Mungkin mereka terlambat datang ke pestanya jadi gak termasuk dalam 12 Shio binatang…
    lagian ngeri ya kalo kecoa, cicak, buaya dan teman-temannya jadi shio binatang….

    Comment by chintia — November 23, 2008 @ 9:08 am

  24. ayu kok tau yaaaaa

    Kawaii Ayu :
    tau dong, dari baca-baca

    Comment by kang jo — November 23, 2008 @ 3:59 pm

  25. Tanya ???

    Nyang ngirimin suratnya sapa yah? Salut dah

    Naa klo saya Shio nya… Shio may ama Shio bak uuuasli uueenakk

    *kaburrr*

    Kawaii Ayu :
    Gak usah ditanya lagi, jelas enak, heeeee

    Comment by yande — November 25, 2008 @ 4:43 pm

  26. hehe.lucu juga, saya rasa judul tulisan ini lebih pas, “Legenda TOm and Jerry”, karena semenjak kejadian itulah kucing begitu membenci tikus. wekeke.nice story.

    Kawaii Ayu :
    Iya sich, heeeee

    Comment by sige — November 26, 2008 @ 9:09 am

  27. ya begitu juga kehidupan manusia,selalu mengagap diri yang terhebat,padahal belum tentu,yang licik menang tapi dimusuhi,semua berlomba untuk menjadi yang terbaik,ada kebohongan,ada rasa tidak puas,ada iri,walaupun segelintir yang senang melihat kebahagian,kesuksesan orang lain.

    wah thanks jadi sekarang cc sudah tahu asal mulanya…

    Tapi kok ngak diblg ya ttg kambing…mungkin bersifat biasa-biasa aza ya!๐Ÿ˜€

    Kawaii Ayu :
    iya nich, si kambingnya kelupaan, he he…
    Arigatou Onechan

    Comment by kweklina — November 26, 2008 @ 3:14 pm

  28. Duuh, pantesan dendam kucing tu sampe sekarang masih kebawa-bawa sampe anak turunnya. kalau lihat tikus bencinya bukan main. maunya nerkam tikus aja. dendam turunan kali yah.
    tapi btw…dihari ibu ini saya sedih karena baru sadar ternyata saya tidak meraih juara, sekalipun juara harapan. masak juara paling bontot yah, urutanku nomer 12…๐Ÿ˜ฆ tapi gpp lah daripada dikerjain tikus. tahun depan ini sio apa yah, numpang nanya suhu AyuRatna ..ya

    Rahayu
    babi tanah

    sabdalangit’s web

    Kawaii Ayu :
    Ya gak apa-apa gak dapet juara…yang penting kan bisa masuk 12 shio, he he he….
    Semangat!!!!!!

    Comment by sabdalangit — December 24, 2008 @ 11:05 am

  29. Yaaah…
    Kelinci koq prngkt IV sich!
    Pdhl dy kan lbh crdk drpd tikus!
    Ky bugs bunny…
    Crdk tp ga licik lho!

    Kawaii Ayu :
    Kelinci tuh binatang yang luchu, kawaii ayu suka sama kelinci…

    Comment by Kelinciapi — January 2, 2009 @ 6:52 am

  30. Hebat tikus euy hohohoho
    Shio saya tikus๐Ÿ™‚

    Salam kenal dan salam hangat Mbak Ayu Ratna
    Ben

    http://benedikawidyatmoko.wordpress.com
    http://benagewe.blogdetik.com

    Kawaii Ayu :
    Salam kenal juga dari kawaii ayu…
    sama dong!!!! kawaii ayu juga shio tikus…..memang, tikus itu cerdik sekali….

    Comment by Benedict Agung Widyatmoko — January 16, 2009 @ 6:54 am

  31. Mb bukan sapi tapi kerbau…

    Kawaii Ayu :
    Kalo Shio di Jepang sapi, bukan kerbau, he he….

    Comment by rere — February 8, 2009 @ 12:15 am

  32. menurut cerita,ada empat binatang yang tidak d terima di undangan raja.
    binatangnya apa ya???

    Comment by andrey — June 4, 2009 @ 8:07 am

  33. yg shio kelinci mana ?

    Comment by Jatmiko — November 25, 2009 @ 3:26 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: