Ayu_Emi

September 11, 2008

Teh hijau memberi kontribusi bagi kesehatan kita

Filed under: Uncategorized — ayuratna @ 7:45 am

SEJARAH TEH

Tahukah anda kalau teh asal mulanya dari negeri Tiongkok dan ditemukan ribuan tahun yang lalu di daerah Yunnan, Guizhou, dan Sichuan. Menurut Legenda di Tiongkok, asal mula teh berawal pada tahun 2737 SM. Pada suatu hari kaisar Tiongkok sekaligus pakar obat bernama Shen Nung sedang membuat obat-obatan di kebun miliknya. Pertama-tama ia merebus air dengan kuali, kemudian ada angin bertiup dan beberapa helai daun liar yang terbang secara tidak sengaja jatuh ke dalam kuali dan membuat air  rebusan  menjadi  coklat. Shen Nung pun meminum air rebusan yang berwarna coklat itu. Setalah diminum, ia merasa bahwa tubuhnya menjadi lebih segar. Daun tersebut diberi nama daun teh. Sejak saat itu, teh mulai dikenal sebagai minuman kesehatan.

Ada juga legenda mengenai asal mula teh di Jepang, sekitar tahun 520 M. Pada  suatu hari, seorang pendeta Buddha bernama Daruma sedang bertapa. Saat bertapa, ia tidak sengaja ketiduran. Saat terbangun, iapun kaget dan merasa kesal karena sudah ketiduran saat bertapa. Agar ia tidak ketiduran lagi, maka Daruma memotong kedua belah kelopak matanya lalu dibuangnya ke tanah. Dari kelopak mata Daruma yang telah dibuang, tumbuhlah sebuah pohon dan pohon itu diberi nama pohon teh.

JENIS TEH

Ada bermacam-macam jenis teh, diantaranya yang banyak dikenal orang adalah teh hitam dan teh hijau. Teh hitam dan teh hijau sama-sama berasal dari pohon teh berdaun hijau (Camellia Sinensis), tetapi perbedaan antara teh hitam dan teh hijau adalah teh hitam mengalami proses fermentasi dalam pembuatannya sehingga warna tehnya ketika diseduh berwarna coklat pekat, sedangkan teh hijau tidak mengalami proses fermentasi dimana daun teh yang telah dipetik langsung dijemur dan langsung dapat diseduh untuk dinikmati. Warna dari Teh hijau ketika diseduh adalah hijau kecoklatan.

TEH HIJAU BAGI KESEHATAN

Teh hijau memiliki lebih banyak khasiat bagi kesehatan dibandingkan teh hitam. Studi menunjukkan bahwa teh hijau (Theae Folium) yang mengandung Polyphenol (sebagai anti oksidan), Flouride, Mangan, Kafein ini dapat mempertinggi fungsi daya tahan tubuh, mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi stress dan menurunkan resiko terkena stroke, mencegah timbulnya penyakit kanker; tumor; hepatitis, mencegah osteoforosis, membantu menurunkan berat badan, mengurangi bahaya merokok, memperlambat penuaan, untuk kesehatan gusi dan gigi, dan masih banyak lagi khasiat teh hijau bagi kesehatan kita.

PENGALAMAN MENGKONSUMSI TEH HIJAU

Kebiasaan mengkonsumsi teh hijau sangat baik untuk kesehatan. Manfaat teh hijau sudah saya buktikan sendiri. Awal saya rajin mengkonsumsi teh hijau adalah sejak saya masuk kuliah. Sebelum rutin mengkonsumsi teh hijau, saya sering terserang penyakit langganan saya yaitu flu dan sariawan. Dalam setahun, saya bisa terkena flu lebih dari lima kali. Setelah saya iseng-iseng membaca artikel dari majalah kesehatan mengenai manfaat teh hijau, maka sejak saat itu saya mulai rutin untuk mengkonsumsi teh hijau. Awalnya saya tidak menyukai rasanya karena agak pahit dan sepat tetapi setelah dibiasakan, rasa pahit dan sepat itu mulai terbiasa  di lidah saya  dan makin lama terasa makin nikmat.  Setelah saya rutin untuk meminum teh hijau,  saya  jadi jarang  terkena  penyakit langganan saya.  Dalam satu tahun mungkin  hanya  sekali  saja saya bisa terkena flu dan jarang sariawan, bahkan pernah dalam satu tahun sama sekali tidak terserang flu.

Berminatkah anda menuju gaya hidup sehat dengan rajin mengkonsumsi teh hijau???

Tips menghilangkan jerawat dengan teh hijau :

Kompres bagian muka anda yang ditumbuhi jerawat dengan bekas bungkusan teh hijau yang habis dicelup. Jika rutin melakukannya, maka sedikit demi sedikit jerawat di wajah anda akan menghilang. Semoga tips dari saya ini bermanfaat (^_^)

23 Comments »

  1. Waw teh hijau banyak manfaatnya ya……….
    coba ah………..😉
    eh lupa, thx infonya………….

    Onechan bersabda :
    untuk beralih menuju hidup sehat dengan mengkonsumsi teh hijau harus dibarengi juga dengan mengurangi rokok ya adekku sayang….kalo bisa ya berhenti….percuma minum teh hijau kalo ngerokok juga aktif

    Comment by Kusmawan — September 11, 2008 @ 8:20 am

  2. Sip bnget tuh
    kya’y yang terakhir perlu di coba dech

    Bu Ayu :
    Coba ya ardi, semoga berhasil

    Comment by ardi — September 11, 2008 @ 8:31 am

  3. saya pernah nonton di TV, ktnya ad teh hitam yang lebih “sakti” drpd teh ijo, ada juga teh putih yang kalo diseduh ga merubah warna air….
    ada teh2 tang lain g teteh?

    *huehehehehe….ngabur ah….(inget link buuk)

    Bu ayu chantique berkata :

    Ya, di entar di link, heeeeeeeeeeeeee
    mau dong info tentang teh putih,jadi pengen coba deh…..

    Comment by Adiz Wardana — September 11, 2008 @ 3:55 pm

  4. Kalo beli yang dalam kemasan permen gimana? sama nga kasiatnya?

    ayu manis berkata:
    ya percuma aja dong kalo dalam kemasan permen…karena mengandung gula, jadi khasiatnya kurang.

    Comment by bisena — September 12, 2008 @ 7:54 am

  5. Apakah teh hijau bisa menyembuhkan para kaum mauneh(manusia unik dan aneh)? Bs gk teh hijau merubah orang jelek jadi orang cakep? Masak teh hijau yang rasanya pahit bs jadi nikmat kalau uda terbiasa?… yang pahit tetap aja pahit… selamanya tetap pahit…. ! Kok ngerti sekali sich tentang teh hijau? Sebenarnya dosen apa ilmuwan?

    Bu Ayu Chantique :
    Bu ayu tahu tentang teh hijau karena banyak baca dari berbagai sumber gitu…
    mungkin bisa orang jelek bisa jadi cakep dengan minum teh hijau, tapi nunggu tahun kinkong dulu ya anak emasku
    Teh hijau itu mengandung kafein jadi kalo kita udah terbiasa minum, walaupun pahit pasti rasanya nikmat….sama aja dengan orang yang suka merokok dan minum kopi, walaupun pahit, tapi kan rasanya nikmat…hanya teh hijau tidak berpengaruh negatif bagi kesehatan tubuh kita…
    coba ya minum teh hijau!!!!!!!!!!!!!

    Comment by herry — September 12, 2008 @ 8:28 am

  6. Adek ayu kayanya pengalaman banget dengan yang namanya teh hijau..tapi kayaknya lebih afdol lagi kalau bagi-bagi tehnya deh🙂

    adek ayu :
    kenapa mas, baksonya gak laku ya sampe beli teh hijau aja gak bisa, make harus minta adeknya…
    adek kan gak punya uang, heeee

    Comment by yudya — September 12, 2008 @ 12:26 pm

  7. “Kalau Dilakukan Pasti Bisa”??????

    BU saya dah coba tapi kok ndak ada hasilnya….

    gimana neh!!!!!!!

    saya mau complaint…….

    kembalikan modal saya yang telah saya gunakan untuk beli tehnya!!!!!

    Pokoknya saya mau minta ganti rugi!!!!!!…

    NB: *saya nyobanya di wajah anjing tetangga yang jerawatan*

    Bu ayu chantique :

    Ya iya lah kalo dicoba ke anjing, gmn sih!!!!!!!!!!!!!!!
    dhika ini suka yang aneh2
    dasar orang yang aneh

    Comment by dhika — September 13, 2008 @ 1:46 am

  8. tEh aYu,……….
    ku NaOn kudu make teH iJo siY??

    uDah mah PaiT..SePet…poKonya Jamu baNged daH..

    “ManG teH aYu toS nYoba teH iJo eTa???”

    Teh Ayu :
    Teh ijo teh loba khasiat kitu, jadi teteh resep jeung teh ijo.
    masalah pait mah tos tiasa bagi abdi. makin pait jeung sepet, makin nikmat euy,He…….
    Teteh tos nyoba atuh, matakna dibaca nu bener atuh artikelna, tong dipelong hungkul

    Comment by dHika`Nia — September 13, 2008 @ 2:05 am

  9. ternyata banyak sekali manfaat teh BANZAI !!!

    Ayu chantique :
    Banzai juga!!!!!!!!!!!!!

    Comment by mampiro — September 13, 2008 @ 2:51 am

  10. hehehe

    Comment by didin — September 13, 2008 @ 3:09 am

  11. klo teh itu minuman keseharianku bu, benar2 bermanfaat untuk kesehatan, buktinya q ga pernah sakit, tapi ada efek sampingya bu, q ga bisa gemuk😀
    ada yang tahu cara untuk buat gemuk?

    Bu Ayu Chantique :
    Kalo mau gemuk, gak apa sih minum teh hijau tapi konsumsinya jangan terlalu banyak2 ntar krempeng lagi kaya ikan asin….
    kalo mau gemuk sih gampang :
    1. makan yang banyak, terutama di malam hari
    2. istirahat yang banyak
    Gemuk deh jadinya

    Comment by akoprasetiyo — September 13, 2008 @ 7:13 am

  12. […] Tahukah anda resiko bagi perokok pasif jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan perokok aktif, karena perokok aktif hanya menghisap 15% asap rokok, tapi sisanya yang 85% itu malah dihisap oleh perokok pasif. Asap rokok pasif mengandung 4000 bahan kimia dan 43 diantaranya dapat menyebabkan kanker. Untuk mengimbangi racun rokok yang dihirup oleh perokok pasif dapat dilakukan dengan cara rajin mengkonsumsi Vitamin C murni yang berasal dari buah-buahan dan sayuran atau dengan tips yang diberikan oleh Neechan dalam postingan Teh Hijau. […]

    Pingback by Aktif Atau Pasif??? « Kusmawan’s Weblog — September 15, 2008 @ 1:08 pm

  13. Bu ayu yang cantik, klo soal mereknya teh hijaunya bu ayu tuh apa y????
    saya juga tertarik tuh kan mau melangsingkan badan saya yg semok biar langsing kayak bu ayu githu

    Ayu Chantique :
    memangnya boleh ya nyebutin merk, kan enggak….ntar saya dikira promosi lagi,he…..
    Ntar aja ya tak kasi tahu, nggak disini…

    Comment by anik — September 16, 2008 @ 10:58 am

  14. aku ga ngerti msalah teh2n, biasanya aku minum teh ya minum aja!!Teh hijau bisa bkin gemuk ga sensei?klo bisa bkin gemuk nami mau dah!!!
    ksi tau nama tmpat blina ya!!GpL,,,,,,,,,,,

    Ayu Sensei :
    Teh hijau ya jelas tidak bisa bikin gemuk, bikin langsing baru bisa…nami chan kalo mau gemuk minum susu aja….kalo mau beli teh hijau di mana2 juga ada kok….harganya mudah terjangkau lagi, gak mahal kok…coba minum ya sayang….

    Comment by nami — September 17, 2008 @ 9:56 am

  15. Sensei,,P. E pernah baca di majalah,. emank ceh bukan artikel khusus yg ngebahas Si Ijo ini,. tapi ada gambar’na,.Hehehe (^_^😉 Di gambar’na,, ky’na enak ceh,. Tp koq butek yea???,.

    Ayu Sensei :
    Biarbutek tapi banyak khasiatnya loh!!!!!!!!!!

    Comment by Lacus_imoetz — September 17, 2008 @ 10:30 am

  16. boleh juga tuch infonya,cz aq sering sariawan nich so klo ngomong harus menyong-menyong,hi…hi…

    Ayu sensei :

    Makanya biar gak menyong2, coba ya….kalo udah gak sariawan kan ntar bisa XXX

    Comment by srieka — September 18, 2008 @ 2:49 pm

  17. teh hijau…?aku tau sih teh hijau..tp ak gk pernah minum tu…gmn rasanya y….ap sma dg teh sari wangi..atau teh botol sosro?

    Comment by bebek — October 2, 2008 @ 12:25 pm

  18. kereeen ya…….

    slain cantik, sensei ternyata pintar dalam banyak hal….

    bangganya aku menjadi murid anda,
    he.he.he.he.he

    Ayu Sensei :
    Arigatou ne christy san

    Comment by christy — October 21, 2008 @ 7:40 am

  19. kl teh yang biru apa kasiatnya??? he..
    terus warna merah, kuning , ungu ada gak??

    Kawaii ayu :
    Teh merah sih ada tapi teh kuning dan ungu belom pernah denger deh….

    Comment by DEWA AJUS — October 27, 2008 @ 7:46 am

  20. mba ayu bolehkan tulisanx dicopy…hehe

    Kawaii ayu :
    Dengan senang hati kalo itu bermanfaat untuk anda…
    Terima kasih telah mengunjungi blog saya…

    Comment by diki — November 2, 2008 @ 10:28 am

  21. aduh..bunda semua artikel nya puanjang……………. buuuuuuanget…….. gex jadi malas baca nya.. hehe

    tapi bagus2 semua ……

    Bunda :
    Jangan males-males baca dong…
    Ayo Semangat!!!!

    Comment by gexlan — November 2, 2008 @ 12:04 pm

  22. artikel2nya sangat menarik… salam kenal yah

    Kawaii Ayu :
    Terima kasih Mr. D….salam kenal juga dari kawaii ayu….
    semoga bermanfaat…
    salam sejahtera

    Comment by Mr D — December 16, 2008 @ 3:00 pm

  23. B0lehh twu merk tehny dunn .
    Biar gag slah blii..
    Makasi

    Kawaii Ayu :
    Merk apa saja sich boleh….yang penting teh hijau, khasiatnya juga sama….

    Comment by Imma — July 29, 2009 @ 5:48 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: